Guten.inc merupakan salah merek sepatu kulit handmade berasal dari Bandung yang berdiri sejak tahun 2014 dan menawarkan produk sepatu kulit dengan harga yang relatif murah dibanding dengan para pesaing seperti Brodo dan Amble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara jelas model bisnis existing Guten.inc dengan menggunakan model bisnis kanvas meliputi sembilan blok yang terdiri dari nilai proposisi, segmen konsumen, saluran, hubungan pelanggan, kemitraan, aktivitas kunci, sumber daya utama, struktur biaya dan arus pendapatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian menggambarkan bahwa Guten.inc memiliki nilai proposisi yaitu sepatu kulit dengan harga murah, desain western style dan inovasi belanja melalui website dengan segmen konsumen dari level freshman-fresh graduate serta saluran penjualan melalui online(website) dan offline(toko). Guten.inc memberikan garansi perbaikan sepatu dan layanan customer service sebagai bentuk hubungan pelanggan. Untuk menciptakan nilai proposisi Guten.inc memiliki mitra seperti vendor, pemasok bahan baku hingga media partner dimana hal tersebut menjadi sumber daya utama yang dimiliki Guten.inc untuk menjalankan aktivitas kunci Guten.inc yaitu produksi dan distribusi dimana hal tersebut juga memerlukan biaya. Sampai saat ini arus pendapatan Guten.inc hanya melalui penjualan produk. Peneliti melihat perlunya penambahan beberapa kegiatan dalam kesembilan blok model bisnis Guten.inc saat ini yang akan dijelaskan dalam bentuk saran.
Copyrights © 2016