Jurnal Sosioteknologi
Vol. 16 No. 2 (2017)

REPRESENTASI DIRI PEMAIN GAME ONLINE AUDITION AYODANCE (KAJIAN DRAMATURGI MENGENAI REPRESENTASI DIRI PEMAIN DALAM WUJUD AVATAR GAME ONLINE AUDITION AYODANCE)

Bunga Fefiana Mustikasari (Institut Teknologi Bandung)
Intan Rizky Mutiaz (Kelompok Keahlian Komunikasi Visual dan Multimedia, Institut Teknologi Bandung)
Dudy Wiyancoko (Kelompok Keahlian Manusia dan Produk Industri, Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Avatar merupakan wujud visual dalam dunia virtual game online yang menjadi media bagi pemain untuk berinteraksi dan berosialisasi dengan pemain lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pemain merepresentasikan dirinya dalam sebuah avatar game yang dalam penelitian ini di fokuskan pada game online Audition Ayodance. Metode etnografi virtual digunakan untuk mengumpulkan data dengan bergabung langsung dalam komunitas game Audition Ayodance dan kemudian di analisis secara kualitatif menggunakan sudut pandang dramaturgi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa seorang pemain memiliki kecenderungan dalam merepresentasikan dirinya sesuai kehidupan real life nya dan akan sangat berkebalikan bila terdapat alasan khusus seperti perbedaan gender, faktor agama, dan lainnya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sostek

Publisher

Subject

Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Sosioteknologi is a journal that focuses on articles that discuss results of an intersection of research fields of science, technology, arts, and humanities as well as the implications of science, technology, and arts on society. It is published three times a year in April, August, and ...