Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 2, No 2 (2019): 4th National Seminar on Guidance and Counseling (SNBK 2019) and Workshop on Peda

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika

Avivah, Neneng Mila (Unknown)
Suryaningrat, Eko Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena siswa kurang termotivasi dalam belajar dan kurang paham terhadap konsep matematika. Peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) untuk mengetahui berapa besar pengaruh pada proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel  diambil dengan Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket, tes, dan observasi. Hasil penelitian data motivasi belajar siswa setelah diberikan model TGT (Team Games Tournament) dengan analisis data uji-t’ menggunakan taraf signifikasi 5% (0,05) menunjukkan bahwa t’hitung = 10,6 dan karena tidak berdistribusi normal maka selanjutnya digunakan statistik inferensial dengan nilai = 2,073. Sehingga daerah penerimaan H0 berada diantara -2,073 dan 2,073. Karena t’ berada di luar daerah penerimaan H0 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil analisis pemahaman konsep matematika dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung = 2,176 dan ttabel = 2,015 karena thitung = 2,176 > ttabel = 2,015 berada di luar daerah penerimaan H0 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang siginifikan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dan siswa yang tidak mendapatkan model pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...