JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar: Kajian Untuk Siswa Kelas Rendah

Oktavia, Linda Sari (Unknown)
Neviyarni, Neviyarni (Unknown)
Irdamurni, Irdamurni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2021

Abstract

Siswa kelas rendah merupakan siswa yang berada pada fase memulai proses pembelajaran formal. Pada fase ini sangat diperlukan pemahaman guru mengenai perkembangan kognitf siswa agar dapat mendesai pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa. Oleh sebab itu tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji perkembangan kognitif siswa kelas rendah sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain studi literatur. Penelitian ini mengkaji sebanyak 20 jurnal yang berhubungan dengan perkembangan kognitif siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan proses analisis data menggunakan content analysis. Hasil temuan membuktikan bahwa setiap level kelas yang dialami oleh siswa mengalami perkembangan kognitif yang berbeda-bedaa. Pada siswa kelas 1 sudah mamasuki tingkat kognitf C1. Siswa kelas 2 memasuki tingkat kognitf C2 dan Siswa kelas 3 memasuki tingkat kognitf C3. Oleh sebab itu guru diharapkan untuk dapat mendesain pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa kelas rendah sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...