Jurnal Basicedu
Vol 5, No 3 (2021): June Pages 1111-1682

Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah

Mutmainnah Mutmainnah (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Aunurrahman Aunurrahman (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Warneri Warneri (Universitas Tanjungpura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan e-modul terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem pencernaan manusia di madrasah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pra-Eksperimental. Dalam penelitian ini digunakan desain One Group Pretest-Posttest. Pada penelitian ini perlakuan yang diberikan adalah penggunaan e-modul pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Habib Sholeh Bin Alwi Alhaddad. Subjek penelitian Siswa kelas VIII C yang berjumlah 27 siswa. Sebelum perlakuan siswa diberikan pretest dan setelah perlakuan siswa diberikan posttest yang berjumlah 25 soal. Analisis peningkatan hasil belajar dianalisis menggunakan rumus Uji- T dan N-Gain. Uji-T digunakan untuk menghitung apakah peningkatan hasil belajar signifikan atau tidak, sedangkan N-Gain digunakan untuk menghitung besar peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar berdasarkan analisis N-gain diketahui bahwa hasil belajar berkategorikan tingggi, sehingga menunjukkan nilai pretest dan posttest terdapat perbedaan. Berdasarkan hasil uji T-Test (Paired Sample T-test) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, hasilnya dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar posttest.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...