Jurnal Basicedu
Vol 5, No 3 (2021): June Pages 1111-1682

Analisis Kebutuhan dan Masalah Pembelajaran Jarak Jauh Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi Covid-19

Supriyadi Supriyadi (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Dian Atnantomi Wiliyanto (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 yang saat ini menjadi tantangan bukan hanya Indonesia akan tetapi seluruh dunia. Hampir seluruh sektor terdampak sebagai akibat dari pandemi ini, bukan hanya kesehatan akan tetapi pada bidang Pendidikan dan keagaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengali informasi tentang kebutuhan dan masalah yang timbul selama pembelajaran jarak jauh pada Anak Berkebutuhan Khusus di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan case study. Dengan jumlah responden 220 guru Sekolah inklusi dan Sekolah Luar Biasa di Indonesia dengan sistem random sampling. Penyebaran instrumen melalui google form yang kemudian dianalisis menggunkan SPSS. Hasil penelitian yang didapatkan temuan antara lain; 1) kendala terbesar yang dialami guru dalam pembelajaran jauh Anak Berkebutuhan khusus adalah jaringan internet yang kurang stabil dengan persentase sebesar 52,3%. 2) penerapan pembelajaran jarak jauh untuk Anak Berkebutuhan khusus sangat tidak efektif dilihat dari presentase sebesar 83,6%. Penerapan pembelajaran jarak jauh harus ada kurikulum, materi, media pembelajaran, dan penilaian hasil belajar yang sesuai dengan kondisi Anak Berkebutuhan Khusus, serta adanya kolaborasi antar guru dan orangtua untuk penerapan PJJ di rumah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...