Jurnal Komunikasi dan Media
Vol 1, No 2: Mei 2021

Analisis Teknik Komunikasi Dan Negosiasi Bisnis Pada Drama Start-Up

Rifqi Agianto (STIE STEMBI Bandung Business School)
Anggi Setiawati (STIE STEMBI Bandung Business School)
Ricky Firmansyah (STIE STEMBI Bandung Business School)



Article Info

Publish Date
24 May 2021

Abstract

Drama Start-Up mengisahkan tentang perjuangan bisnis anak muda dalam membangun sebuah perusahan rintisan bernama Samsan Tech yang bergerak di bidang teknologi. Pada saat awal berdirinya perusahan Samsan Tech mereka sudah dihadapi dengan permasalahan mulai dariĀ  proposal pembagian saham perusahaan untuk diajukan kepada investor, anggota tim yang tidak menyetujui aturan hingga proses pencarian tim pengembang. Dalam permasalahan tersebut terjadi komunikasi negosiasi yang harus dicapai atau disepakati oleh kedua belah pihak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara komunikasi dalam bernegosiasi bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotik Ferdinand De Saussure berupa penanda dan petanda. Objek pada penelitian ini adalah teknik komunikasi dan negosiasi bisnis, dengan subjek yang dijadikan sebagai bahan penelitian yaitu drama Start-Up. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa negosiasi yang terjadi tidak selamanya berjalan dengan lancar meskipun pada akhirnya mencapai hasil kesepakatan, dalam negosiasi ini salah satu pihak harus mau mengalah agar negosiasi yang ditawarkannya mencapai titik kesepakatan. jenis negosiasi yang terjadi dalam drama Start-Up ini adalah negosiasi kompetitif dan negosiasi kolaboratif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkm

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Artikel yang diterbitkan adalah artikel hasil penelitian, baik penelitian lapangan, analisis teks, maupun studi literatur. Topik artikel yang difokuskan dalam jurnal ini adalah komunikasi strategis, komunikasi publik, kajian media dan budaya, jurnalisme, dan teknologi komunikasi dan ...