Jurnal Ilmiah Pendas : Primary Education Journal
Vol 1 No 2 (2020): Desember 2020

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS III SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Anggriani, Susi (Unknown)
I Ketut Widiada (Unknown)
M Irawan Zain (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditori Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas III SDN 28Cakranegara. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design, tehnik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah sebanyak 73 orang siswa, dengan rincian kelas IIIA sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 orang siswa, sedangkan kelas IIIB sebagai kelas kontrol berjumlah 37 orang siswa. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan menggunakan tehnik Independent Samples T-Test pada taraf signifikansi 5%, dengan berbantuan program aplikasi SPSS 21.0 for windows diperoleh nilai sebesar 3,633 sedangkan sebesar 2,003, maka lebih besar dari Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Mataram. Terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni (Januari-Juni), dan Desember (Juli-Desember). Berisi artikel-artikel hasil penelitian dan ...