Jurnal Ilmiah Pendas : Primary Education Journal
Vol 1 No 2 (2020): Desember 2020

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN PERESAK BEBUAK KECAMATAN KOPANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Hakim, Arif Rahman (Unknown)
Ilhamdi, M. Liwa (Unknown)
Jaelani, Abdul Kadir (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Peresak Bebuak Kecamatan Kopang Tahun Aajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre- Experimental Design type one group pretest- posttet Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan jumlah sampel 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan jenis paired sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) pemahaman konsep IPA siswa bernilai sama yaitu 0,000 pada taraf signifikansi 5% dengan jumlah N=35. Nilai sig.(2-tailed) tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Pembelajaran Inkuiri terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV di SDN Peresak Bebuak Tahun Ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Mataram. Terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni (Januari-Juni), dan Desember (Juli-Desember). Berisi artikel-artikel hasil penelitian dan ...