Mandalika Mathematics and Educations Journal
Vol 3 No 1 (2021): Edisi Juni

Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Keterampilan Abad 21 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Muallimat NW Pancor

Nurmina, Siti (Unknown)
Sridana, Nyoman (Unknown)
Junaidi, Junaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2021

Abstract

 This study aims to determinethe influence of 21-st century realistic mathematics learning skill-based on student learning achievement of class VII MTs Muallimat NW Pancor academic year 2019/2020. This research use an experimental study with a Posttest Only Control Group Design. Population in this study consisted of 6 classes and sample of this study is consisted of students from class VII-A and VII-B which are selected by using Random Sampling Cluster technique. Class VII-A as a control class is used conventional learning method and class VII-B as an experimental class by applying realistic mathematics learning based on 21-st century skills. Student learning achievement were obtained through a final test (posttest). The instrument of this study using a test consisted of 4 essay questions. The data obtained was analyzed using t-test. Based on data analyzed,it can be concluded that there is an influence of 21-st century realistic mathematics learning skill-based on student learning achievement of class VII MTs Muallimat NW Pancor academic year 2019/2020 Keywords: Realistic Mathematics; 21st Century Skills; Learning Outcomes AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis keterampilan abad 21 terhadap hasil belajar siswa  kelas VII MTs Muallimat  NW  Pancor  Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian  eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Muallimat NW Pancor tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling,  didapatkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan siswa kelas VII-B, kelas VII-A sebagai kelas kontrol digunakan pembelajaran konvensional dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen digunakan pembelajaran matematika realistik berbasis keterampilan  abad 21. Hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui tes akhir (posttest). Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes sebanyak 4 butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran matematika realistik berbasis keterampilan abad 21 terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Muallimat NW Pancor Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Realistik; Ketrampilan Abad 21; Hasil Belajar 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MANDALIKA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Mandalika Mathematics and Education Journal adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun kajian ...