Rang Teknik Journal
Vol 4, No 2 (2021): Vol. 4 No. 2 Juni 2021

STUDI ANALISIS PROYEK JALAN SIDOHARJO KECAMATAN SENORI TUBAN DENGAN METODE ANALISIS KOMPONEN SKBI-2.3.26.1987

Arief Setiawan (Universitas Sunan Bonang)
Sugiyanto Sugiyanto (Universitas Sunan Bonang)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2021

Abstract

ABSTRAK Proyek jalan Sidoharjo Kecamatan Senori Tuban merupakan pemeliharaan berkala atas kondisi jalan tersebut yang sebelumnya menggunakan jenis perkerasan lentur (flexible pavement). Kondisinya adalah perkerasan jalan tidak mempunyai kekuatan untuk menahan beban lalu lintas kendaraan secara keseluruhan, sehingga jalan tersebut mengalami penurunan (seattlement) dan pergeseran (sleeding) baik pada perkerasan jalan maupun pada tanah dasar. Akibatnya jalan tersebut menjadi bergelombang dan berlubang sampai akhirnya tingkat kerusakannya makin bertambah parah. Obyek dalam penelitian ini adalah proyek jalan menggunakan konstruksi jenis perkerasan kaku (rigid pavement) berupa jalan beton. Jalan beton memiliki modulus elastisitas yang tinggi, akan mendistribusikan beban terhadap bidang area tanah yang cukup luas, sehingga bagian terbesar dari kapasitas struktur perkerasan diperoleh dari slab beton sendiri. Hal ini berbeda dengan perkerasan lentur, dimana kekuatan perkerasan diperoleh dari lapisan-lapisan tebal pondasi bawah, pondasi dan lapisan permukaan. Berdasarkan parameter lalu lintas pada proyek jalan yang diteliti dengan menggunakan metode analisis komponen SKBI-2.3.26.1987 didapatkan data kendaraan yang melintas di jalan tersebut terdiri dari 55,4% jenis kendaraan berat dengan angka ekivalen E=1,0648 dan 44,6% jenis kendaraan ringan dengan angka ekivalen E=0,0072, lalu lintas harian rata-rata LHRT=56 kendaraan/hari/2 arah, lintas ekivalen permulaan LEP=33,1888, lintas ekivalen akhir LEA=49,4941, lintas ekivalen tengah LET=41,3415 dan lintas ekivalen rencana LER=62,0123. Berdasarkan parameter-parameter yang lain pada metode analisis komponen SKBI-2.3.26.1987 didapatkan daya dukung tanah dasar (DDT) dan california bearing ratio (CBR) yang diidentifikasi dari harga CBR yang mewakili CBR=4, faktor regional FR=3.0 – 3.5, indeks permukaan IP=1.5 – 2.0, koefisien kekuatan relatif a=0.15 dan batas-batas minimum tebal perkerasan 20 cm dengan indeks tebal perkerasan ITP=7.5 – 9.99. Kata Kunci: Perkerasan, Jalan Beton, Lalu Lintas, Komponen, dan Ekivalen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RANGTEKNIKJOURNAL

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

RANG TEKNIK JOURNAL, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam ...