Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Implikasi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa MTs Darul Arqam Gombara. 2) Hasil implikasi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa MTs Darul Arqam Gombara.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen utama dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan catatan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Mts Darul Arqam Gombara sejumlah 23 orang 1 orang guru bahasa Arab sehingga jumlah total sebanyak 24.Hasil test menunjukan kelas eksperimen pada saat pretest memperoleh nilai rata-rata 9,43 pada keseluruhan aspek. Sedangkan kelas kontrol pada saat postesst memperoleh nilai rata-rata 11,48. Setelah membandingkan harga thitung dan ttabel diperoleh bahwa thitung ttabel (51,251,717) artinya H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table dapat meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Gombara Makassar “.Kata Kunci : Implikasi, Round Table, Membaca teks
Copyrights © 2019