Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apa saja komponen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung. 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan komponen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung. 3) Untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan komponen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif yakni dengan metode pengumpulan data yang berupa wawancara serta dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini yakni dari Guru pendidikan bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa komponen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung diantaranya: Kurikulum, Materi, Metode, Evaluasi, Guru dan siswa. Strategi pengelolaan komponen pembelajaran bahasa Arab yang meliputi: Strategi pengelolaan kurikulum, strategi pengelolaan materi, strategi pengelolaan metode pembelajaran, strategi pengelolaan evaluasi, serta guru dan siswa. Dalam pengelolaan komponen pembelajaran terdapat faktor yang menghambat dan mendukung dalam pengelolaan komponen pembelajaran, diantara faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan komponen pembelajaran itu yakni berasal dari Guru, peserta didik dan fasilitas penunjang pembelajaran yang ada di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung itu sendiri.Kata Kunci : Strategi, Pengelolaan, Pembelajaran
Copyrights © 2019