Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui penerapan Braille berbasis media card huruf hijaiyyah dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada tunanetra, 2) Mengetahui manfaat penerapan Braille dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada tunanetra siswa Sekolah Luar Biasa Negeri 1 MakassarJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan angket, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Braille berbasis media card huruf hijaiyyah menggunakan enam titik pola. Siswa meraba pola mulai dari ujung kanan atas sampai pola ujung kiri bawah huruf hijaiyyah yang terdiri 29 huruf. Dalam penerapannya siswa merasa sangat terbantu, selain untuk belajar Bahasa Arab juga untuk membaca Al-Qur’an. 2) Manfaat media card huruf hijaiyyah pada tunanetra siswa Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar dintaranya yaitu a) Braille dapat membantu penyandang tunanetra dengan tulisan timbul yang mampu mempermudah siswa dengan belajar membaca Al-Qur’an. Sehingga untuk membedakan huruf hijaiyyah yang satu dengan huruf hiajiyyah lainnya siswa lebih cepat untuk menebak dan mengetahui hurufnya. b) Siswa lebih fokusKata Kunci : Implementasi, Braille, Media Card, Huruf Hijaiyyah, Tunanetra
Copyrights © 2019