Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 3, No 2 (2019): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

PENGARUH PROGRAM INTENSIF PEMBINAAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SISWA KELAS XII DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA MAKASSAR

Tasrif Tasrif (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui model program intensif pembinaan bahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. 2). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. 3). Untuk mengetahui pengaruh pembinaan bahasa Arab dalam program intensif terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara.Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara serta dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa, dengan sampel 10 orang siswa.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Model program intensif pembinaan bahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara diadakan setiap hari sabtu setelah magrib sampai sebelum magrib, dengan mekanisme siswa menginap di ma’had Al-Birr selama program berlangsung, adapun mata pelajaran yang diajarkan yaitu Al-Arabiyah, At-tadribat, dan hifdzul mufradat. 2). Faktor pendukung dan penghambat peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara a). Faktor pendukung: Siswanya tinggal asrama sehingga mudah untuk mengikuti program pembinaan, Siswa adalah orang yang benar-benar ingin diajar, Lingkungan pesantren yang membantu program pembinaan, Adanya laboratorium bahasa, Banyaknya buku rujukan, Pembina pesantren sangat menginginkan adanya alumni yang bisa lanjut ke timur tengah sehingga dia mengadakan program pembinaan tersebut b). Faktor penghambat: Tenaga pengajar kurang, Alat peningkatan bahasa kurang memadai, Kurangnya dana, kurangnya siswa yang mengaplikasikan bahasanya, Jarak antara pondok dan Ma’had Al-birr sangat jauh. 3). Pengaruh pembinaan bahasa Arab dalam program intensif terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara makassar sangat baik, dengan bukti 6 orang siswa mendapat nilai A (tinggi), dan 3 orang siswa mendapat nilai B (sedang), dan 1 orang siswa mendapat nilai C (rendah). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang positif terhadap siswa dengan diadakannya program intensif pembinaan bahasa Arab. Kata Kunci: Program intensif, Pembinaan, Kemampuan Berbahasa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

al-maraji

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali ...