Sebatik
Vol 16 No 1 (2016): JUNI

MEMBANGUN EDUGAME “ BABY ZOO PUZZLE” BERBASIS ANDROID DENGAN GAME AGENT IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE

Ahmad Rofiq Hakim (STMIK Widya Cipta Dharma)
Reza Andrea (STMIK Widya Cipta Dharma)
Devian Antoni (STMIK Widya Cipta Dharma)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Dalam pembuatan edugame “baby zoo puzzle” berbasis android dengan game agent implementasi finite state machine. Edugame “baby zoo puzzle” menggunakan algoritma pengacakan posisi pada potongan-potongan puzzle penggunaan algoritma pengacakan posisi agar potongan puzzle tidak mudah dihapal dan pada game agent menggunakan metode finite state machine (FSM), game agent akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan pada para pemain. Metode Finite State Machine perancangan sistem control yang menggambarkan prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal : state(keadaan), event (kejadian), action (aksi) yang digunakan kedalam game agent dapat memberikan aksi dan reaksi kepada pemain pada saat permainan dimainkan. Hasil dari pembuatan edugame”baby zoo puzzle” berupa .Apk dan .Exe yang dapat di jalan platform android dan PC, edugame “baby zoo puzzle” berbasis android dapat dimainkan untuk semua umur dari anak-anak hingga dewasa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sebatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan ...