Sebatik
Vol 19 No 1 (2018): JANUARI

MEMBANGUN EDUGAME “BONI KIDS – BORNEO ANIMAL KIDS” PERMAINAN MATCH-UP DENGAN TEKNIK PENGACAKAN SHUFFLE DAN PENGEMBANGAN AGEN CERDAS DENGAN MODEL FINITE STATE MACHINE (FSM)

Reza Andrea (STMIK Widya Cipta Dharma)
Shinta Palupi (STMIK Widya Cipta Dharma)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2018

Abstract

Penelitian membangun Edugame "Boni Kids - Borneo Animal Kids" merupakan penelitian pengembangan permainan berjenis Match-Up Game yang dirancang untuk mengasah daya ingat. Dalam permainan ini pemain harus mencocokkan 2 gambar hewan-hewan khas Kalimantan yang sama, pemain harus mengingat posisi gambar yang akan dicocokkan. Algoritma pengacakan shuffle diterapkan dalam penelitian ini, dengan tujuan membuat susunan posisi gambar selalu teracak dan permainan menjadi tidak monoton dan membosankan. Teknologi AI (kecerdasan buatan) juga diterapkan pada penelitian ini. Menggunakan metode model Finite State Machine (FSM), permainan yang dibangun akan memiliki karakter game agent yang akan mendampingi anak bermain layaknya guru.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sebatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan ...