Sebatik
Vol 25 No 1 (2021): Juni 2021

IMPLEMENTASI ALGORITMA FINITE STATE MACHINE SEBAGAI PERUBAHAN PERILAKU OTONOM DAN ADAPTIF PADA NON-PLAYER CHARACTER DALAM GAME PETUALANGAN KSATRIA PANCASILA

Basrie Basrie (STMIK Widya Cipta Dharma)
Jundro Daud Hasiholan (Teknik Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda)
Abdul Rizal Suteja (Teknik Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Penelitian dilakukan untuk dapat membuat sebuah game 2 dimensi genre petualangan berbasis android yang nantinya jika penelitian ini berhasil bisa menjadi hiburan bagi anak anak. Penelitian ini dilakukan di STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan game. Dengan cara observasi, yaitu mengadakan pengamatan secara langsung ke STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda.Salah satu pengembangan metode yang dapat mendukung pembuatan game platform ini adalah Finite State Machine. Metode ini digunakan untuk mengatur perilaku NPC (Non Player Character) agar dapat melakukan perlawanan kepada player. Adapun hasil akhir dari penelitian ini yakni Game “Petualangan Kesatria Pancasila” berbasis android, memiliki tampilan gameplay yang menarik dan menghibur serta anak-anak bisa belajar mengamalkan nilai sila-sila Pancasila.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sebatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan ...