Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI SIMULASI PHET PADA MATERI ELASTISITAS DI SMA 2 BIREUEN

Ardiannisa, Siti (Unknown)
Fonna, Mutia (Unknown)
Fatmi, Nuraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui Simulasi Phet dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model Inkuiri Terbimbing melalui Simulasi Phet. Jenis penelitian ini adalah Pre experimental Design, rancangan penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan penentuan kelas XI MIA 2 sebagai kelas Ekaperimen. Berdasarkan hasil analisis pemahaman konsep siswa memperoleh nilai rata-rata Pretest 54.82 % dan Posttest 81,58 %. Hasil uji N-Gain Score memperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 54.82 % dalam katagori (Sedang), dan mendapatkan hasil respon siswa yang menjawab setuju sebesar 50,51%. Hal ini membuktikan bahwa model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada kelas XI MIA 2 dan mendapatkan respon positif pada materi Elastisitas di SMA Negeri 2 Bireuen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...