ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial
Vol. 2 No. 1 (2020)

Penamaan Nilai-Nilai Sosial pada Mata Pelajaran Sosiologi melalui Metode Role Playing Terhadap Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan

Vera Verdiana (Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia)
Itaanis Tianah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2020

Abstract

Sosiologi merupakan rumpun Ilmu Sosial yang memuat nilai-nilai sosial dan bisa membentuk perilaku peserta didik apabila bisa dipahami dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode studi kasus yang meneliti tentang peran metode role playing dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik sehingga memiliki pemahaman nilai sosial melalui mata pelajaran Sosiologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi yang digunakan oleh guru Sosiologi dalam melakukan penanaman nilai sosial terhadap siswa kelas X IPS dengan menggunakan metode role playing bisa lebih efektif dan maksimal. Kedua, dampak dari hasil internalisasi aspek spiritual dalam pembelajaran IPS sikap siswa setelah dilakukan penanaman nilai sosial melalui metode role playing menunjukkan perubahan sikap siswa yang menjadi lebih baik yakni memiliki sikap sosial yang baik. Ketiga, kendala yang dihadapi oleh guru dalam melakukan penanaman nilai sosial yaiu karakter siswa yang berbeda dalam megikuti mata pelajaran, sedangkan solusi yang dilakukan oleh guru yaitu tetap memotivasi siswa dan memberikan semangat untuk terus berusaha berubah lebih baik lagi.Kata kunci: Sosiologi, nilai sosial, metode, role playing, sikap sosialĀ 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

entita

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of ENTITA focuses on any articles dealing with social science and social studies either in forms of conceptual ideas or research results from various ...