Analisis Faktor Multivariat merupakan salah satu teknik perhitungan statistik untuk mencari faktor penentu utama yang paling berpengaruh terhadap sebuah kumpulan data statistik. Dalam pengembangan tampilan website berdasarkan fungsi dan kegunaan serta melibatkan sisi perasaan pengguna maka akan bersinggungan dengan Kansei Engineering. Dengan menggunakan Kansei Engineering Type I peneliti mencoba untuk mendeteksi sisi perasaan pengguna terhadap komponen website yang umum digunakan. Dengan berdasarkan data spesimen yang telah digunakan pada penelitian sebelumnya maka peneliti mencoba untuk mengembangkan bahasan yang sebelumnya lebih fokus kepada Kansei Engineering menjadi inovasi alternatif menggunakan analisis faktor multivariat. Data hasil survey terhadap pengguna diolah menggunakan pendekatan statistik multivariat Cronbach's Alpha, Coefficient Correlation Analysis, Principal Component Analysis, Factor Analysis serta Partial Least Square yang telah dilakukan dipenelitian terdahulu, kemudian peneliti mencoba mengasimilasikan komponen nilai dari dua hasil faktor analisis tertinggi menjadi data rekomendasi baru yang telah digabungkan dengan nilai rekomendasi komponen website yang sama sekali baru dibandingkan dengan hasil faktor analisis satuan sebelumnya.
Copyrights © 2018