JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Swakarya Palembang

Apriana, Enika Dwi (Unknown)
Missriani, Missriani (Unknown)
Ardiansyah, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X di SMK Swakarya Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 80 responden dengan teknik pengambilan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kemampuan menulis teks eksposisi antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan siswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional, begitu juga pada siswa yang memiliki motivasi tinggi, memiliki motivasi belajar rendah dan ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...