Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melalui strategi peta konsep (concept mapping) pada siswa kelas V SDN 1 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa ada peningkatan kemampuan menulis narasi melalui strategi peta konsep (concept Mapping) pada siswa kelas V SDN 1 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Hasil siklus 1 diperoleh nilai kemampuan menulis narasi siswa rata-rata sebesar 62,93. Siswa yang mencapai KKM > 70 sebanyak 6 orang siswa atau rata-rata persentase pencapaian ketuntasan sebesar 24%. Pada siklus 2, nilai siswa mengalami peningkatan yang cukup positif, yaitu sebesar 1724,67 atau rata-rata pencapaian hasil belajar siswa sebesar 68,99. Siswa yang mencapai KKM > 70 sebanyak 16 orang siswa atau rata-rata persentase pencapaian ketuntasan sebesar 64%. Pada siklus 3 diketahui pemerolehan nilai siswa sebesar 2031,97 atau rata-rata pencapaian hasil belajar siswa sebesar 81,28. Siswa yang mencapai KKM > 70 sebanyak 23 orang siswa atau rata-rata persentase pencapaian ketuntasan sebesar 92%.
Copyrights © 2021