JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) Pada Siswa Kelas V SDN 1 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin

Jumari, Jumari (Unknown)
Missriani, Missriani (Unknown)
Fitriani, Yessy (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melalui strategi peta konsep (concept mapping) pada siswa kelas V SDN 1 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa ada peningkatan kemampuan menulis narasi melalui strategi peta konsep (concept Mapping) pada siswa kelas V SDN 1 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Hasil siklus 1 diperoleh nilai kemampuan menulis narasi siswa rata-rata sebesar 62,93. Siswa yang mencapai KKM > 70 sebanyak 6 orang siswa atau rata-rata persentase pencapaian ketuntasan sebesar 24%. Pada siklus 2, nilai siswa mengalami peningkatan yang cukup positif, yaitu sebesar 1724,67 atau rata-rata pencapaian hasil belajar siswa sebesar 68,99. Siswa yang mencapai KKM > 70 sebanyak 16 orang siswa atau rata-rata persentase pencapaian ketuntasan sebesar 64%. Pada siklus 3 diketahui pemerolehan nilai siswa sebesar 2031,97 atau rata-rata pencapaian hasil belajar siswa sebesar 81,28. Siswa yang mencapai KKM > 70 sebanyak 23 orang siswa atau rata-rata persentase pencapaian ketuntasan sebesar 92%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...