JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Strategi untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran pada Massa Pandemik Covid-19 di SDN 002 Kuok Kabupaten Kampar Riau

Arsilawita, Arsilawita (Unknown)
Jamaris, Jamaris (Unknown)
Sufiyarma, Sufiyarma (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2021

Abstract

Permasalahan tentang pendidikan kalau kita bicarakan tidak akan habis, selalu ada hal-hal yang menyebabkan permasalahan dalam pendidikan. Yang memiliki peran untuk memajukan dunia pendidikan berada ditangan guru. Guru memiliki peran sangat pundamental untuk memajukan pendidikan. Guru sebagai pelaku dalam bentuk proses pembelajaran, proses pembelajaran menyajikan sesuatu yang memberikan daya tarik peserta didik untuk ikut aktif. Guru dengan kualifikasi pendidikan keguruan dan memiliki kompetensi dalam mendidik menjadi pendukung menciptakan proses pembelajaran yang menyenagkan dan bermaknah bagi peserta didik. Guru menyajikan ide-ide kreatif menciptakan inovasi sehingga proses pembelajaran menarik, guru dalam proses pembelajaran belum mampu menyajikan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, kebanyakan guru hanya mengajar dan memberikan apa yang ada, belum terlihat usaha yang dilakukan guru untuk mengesplor kemampuan yang dimiliki peserta didik dengan menyusun skenario pembelajaran dengan menyajikan ide-ide yang menarik, menyajikan sesuatu yang baru dengan menggunakan berbagai metode yang mendukung untuk melakukan pendekatan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda. Berdasarkan data yang diperoleh yang lebih dominan guru jarang bahkan tidak pernah menyajikan ide-ide yang menarik dengan mengunakan metode yang bervasriasi dalam proses pembelajaran dengan persentasi 47,6% dan 52,4%, data yang diperoleh belum tercipta proses pembelajaran yang menyenagkan..

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...