AbstrakUsaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor usaha yang penting karena memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jumlah UMKM yang terus berkembang di Indonesia, mendorong Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memacu kinerja UMKM untuk meningkatkan kuantitas dan kualitasnya. Salah satunya dengan menerapkan teknologi komunikasi dan informasi, khususnya penggunaan media sosial sebagai media dalam mengkomunikasikan produk (promosi). Namun masih banyak UMKM yang belum memahami manfaat penggunaan media sosial tersebut, padahal media sosial sendiri memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan bisnis, yaitu dengan kemampuannya menjangkau khalayak sasaran yang luas dalam waktu cepat dan real-time. Permasalahan tersebut berawal dari keengganan UMKM dalam menggunakan media sosial sebagai media promosi. Mereka mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi perilaku konsumen di media online yang mengakibatkan strategi pemasaran yang dibuat menjadi tidak efektif dan efisien. Oleh karena itu, dengan adanya penelitian mengenai pemetaan perilaku konsumen di media sosial akan memberikan kontribusi yang besar dalam upaya peningkatan daya saing UMKM. Sehingga hasil penelitian ini dapat memberikan masukan bagi UMKM dalam membuat strategi promosi di media sosial yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan strategi netnography, yaitu bentuk penelitian etnografi online. Data penelitian diperoleh dari observasi online secara langsung dan mendalam terhadap interaksi hiperteks para nitezen yaitu antara konsumen dengan penjual produk UMKM di media sosial. Hasil observasi online tersebut akan dianalisa sesuai dengan model analisa Perilaku Konsumen Kotler dan analisa tipe konsumen online Kozinet (1997). Dengan begitu, akan didapatkan pemetaan yang komprehensif mengenai perilaku konsumen media sosial pada level mikro.Kata Kunci: UMKM, Perilaku Konsumen, Media Sosial AbstractMicro, Small, and Medium Enterprises (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/UMKM) is one of the business sector which has significant roles in the economic growth in Indonesia. The increase of UMKM pushes The State Minister for Cooperatives Small and Medium Enterprises to encourage UMKM performance by enhancing their quality. One of the effort is by applying information and communication technology, especially application of social media as a communication tool to promote the products. In the reality, there are many UMKM still do not have enough understanding about the benefits of social media usage in business as it has big influences on business growth with its capability to reach large target audience in fastest and real-time. The situation arouse as a result of the reluctant of UMKM for using social media as their promotion tool. They often meet difficulties to identify online media consumer behavior that causes its marketing strategy ineffective and inefficient. Therefore, the research about consumer behavior mapping in social media will provide huge contribution in enhancing UMKM competitiveness, so as the result will give a positive input for planning the promotion strategy in social media for UMKM that fits with consumer’s needs and wants. The research uses qualitative method with netnography strategy, a research method for measuring online ethnography. Primary data will be collected from online observation which provides illustration of hypertext interaction among the netizens on the internet that is between the consumers and seller (UMKM). The observation results will be analyzed using Consumer Behavior Model by Philip Kotler and Online Consumer model by Kozinet. As the result will arise the comprehensive mapping about consumer behavior in social media in micro level in Indonesia.Keywords: Micro, Small, and Medium Enterprises (UMKM), Consumer Behavior, Social Media
Copyrights © 2015