Penelitian ini menggunakan metode library research atau studi pustaka dengan langkah-langkah: Pertama jenis penelitian library research, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan dan laporan-laporan yang ada hubunganya dengan masalah yang akan dipecahkan. Kedua langkah riset kepustakaan, dengan cara menyiapkan perlengkapan dan menyusun bibliografi kerja. Ketiga, pedekatan hermeunitika yakni penafsiran sumber dan filsafat yakini gagasan dan ide sesuai kebenaran data yang ada. Keempat teknik pengumpulan data, yakni dengan dokumentasi seperti buku, jurnal dan lainnya. Kelima analisis dan interprestasi data yakni mengambil kesimpulan dan memberikan makna terhadap data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pengembangan kompetensi guru sejarah terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi professional dalam pemanfaatan media TIK dapat dengan pemanfaatan pengunaan media berbasis Tekonologi Informasi Dan Komunikasi (TIK), seperti terdiri dari teknologi komputer, teknologi multimedia, teknologi jaringan komputer. Serta media teknologi yang terdiri dari, Electronic Mail / E-mail adres, Mailling List, Audio Kaset, vidio, Microsoft Powerpoint, E-Learning, Computer Based Intruction (CBI) serta Ditance Learning. Sedangkan analisis keterpaduan kompetensi guru sejarah dengan program yang ada oleh pemerintah, pemerintah mengeluarkan program untuk mendukung kompetensi guru sejarah melalui program Uji Kompetensi Guru (UKG), program peningkatan kualifikasi guru, program penyetaraan dan sertfikasi, program pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi, program supervise pendidikan, Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), symposium guru dan sebagainya.
Copyrights © 2020