Agrowisata merupakan suatu jenis pariwisata yang khusus menjadikan hasil pertanian, peternakan, perkebunan sebagai daya tarik bagi wisatawan. Untuk menilai sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan jasa, termasuk dalam hal ini Agrowisata D’Emerick, dapat dilakukan dengan menilai dimensi-dimensi yang berkaitan dengan wajud fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Tujuan dalam penelitian ini adalahuntuk menganalisis hubungan antara dimensi kualitas pelayanan dengan loyalitas pengunjung di Agrowisata D’Emerick Kota Salatiga. Hasil Penelitian menunjukan bahwa besarnya nilai korelasi antara variabel empati (X1) dengan loyalitas pelanggan (Y) adalah sebesar 0,516, nilai korelasi antara jaminan (X2) dengan loyalitas pelanggan (Y) adalah sebesar 0,525, nilai korelasi antara daya tanggap (X3) dengan loyalitas pelanggan (Y) adalah sebesar 0,516, nilai korelasi antara kehandalan (X4) dengan loyalitas pelanggan adalah sebesar 0,304, sementara nilai korelasi antara wujud fisik (X5) dengan loyalitas pelanggan adalah sebesar 0,383. Artinya kedua variabel mempunyai hubungan yang nyata dan dapat diterima.
Copyrights © 2020