Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan

Melalui Metode Demonstrasi Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Kalimat Al-Quran Siswa Kelas III SD Negeri Sukabumi Selatan 05 Pagi

Zubaidah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2019

Abstract

Penyajian pembelajaran Agama Islam hendaknya memperhatikan usia perkembangan siswa, sehingga dalam proses pembelajarannya sesuai dengan tugas perkembangan siswa. Di kelas III ini siswa berada pada tahap operasional konkret yaitu cara berpikir anak mulai logis, ini berarti dalam mempelajari sesuatu anak lebih senang dan mudah menerimanya, dengan demikian seorang guru harus dapat mengemas materi pelajaran yang diberikannya secara tepat terutama untuk materi pelajaran yang bersifat hafalan. Kenyataan pada pelaksanaan pembelajaran di SD N Sukabumi Selatan 05 pagi, tempat peneliti mengajar, pembelajaran membaca huruf-huruf Al-Quran lebih sering difokuskan pada teori dan kurang mempraktekkan cara melafadzkan huruf-huru dalam Al Quran, ditambah lagi cara siswa untuk membacanya kurang diperhatikan oleh guru, Data empirik menunjukkan dari 30 orang siswa di kelas III mereka yang tuntas untuk dapat melafadzkan kalimat dalam Al Quran dengan benar hanya sebanyak 11 orang dari 30 orang atau sebesar 36,67%. Sedangkan sisanya sebesar 63,33% belum memahami menegenai huruf Al-Quran. Oleh karena itu dalam proses belajar mengajar Agama Islam diarahkan agar siswa terampil berkomunikasi dengan mengajarkan berbagai keterampilan membaca huruf Al Quran. Maka perlu adanya upaya untuk membangkitkan minat baca Al Qur’an melalui suatu metode dari guru kelas. Salah satunya adalah melalui metode demonstrasi, di mana dalam metode ini guru akan mencontohkan sebagi wujud demonstrasi dihadapan siswa, kemudian siswa mengikutinya dengan seksama. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk emnegtahui bahwasannya melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca kalimat Al-Quran siswa kelas III SD N Sukabumi Selatan 05 Pagi Semester 1I Tahun Pelajaran 2012/2013 Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Untuk siswa, penelitian ini menjadi sebuah kegiatan yang menarik dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan berbicara khususnya membaca huruf-huruf Al-Quran sehingga bakat yang dimiliki dapat berkembang dan menjadi suatu prestasi yang membanggakan. Islam khususnya aspek berbicara, sehingga kemampuan membaca Al Quran bagi siswa dapat tersalurkan dan berkembang menjadi suatu prestasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

profesi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan ...