Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan

Media Kliping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas 6 SDN Sukabumi Utara 08 Pagi

Yohana, Yohana (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2019

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang Perkembangan Teknologi dengan penggunaan Kliping bagi siswa kelas 6 SDN Sukabumi Utara 08 Pagi semester II tahun 2012/2013. Tempat penelitian tindakan kelas ini adalah SDN Sukabumi Utara 08 Pagi karena sekolah tersebut merupakan tempat peneliti mengajar setiap harinya, dengan mengambil waktu pada semester II tahun pelajaran 2012/2013. Adapun sebagai objek penelitian adalah siswa kelas 6 SDN Sukabumi Utara 08 Pagi yang berjumlah 22 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan pelaksanaan dua kali tindakan dalam dua siklus yang dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu tahapan perencanaan (planing), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan tahap refleksi (reflecting). Sebagai bahan analisis data dalam penelitian ini adalah hasil ulangan siswa pada saat kondisi awal, siklus I dan siklus II untuk dibandingkan yang dilanjutkan dengan refleksi. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan kliping dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang Perkembangan Teknologi bagi siswa kelas 6 SDN Sukabumi Utara 08 Pagi semester II tahun pelajaran 2012/2013.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

profesi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan ...