Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan

PENGGUNAAN METODE EKSPOSITORI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN SISWA KELAS IX-2 SMP NEGERI 154 JAKARTA SELATAN

Sibuea, Beatrix Rumondang (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2021

Abstract

Pembelajaran yang baik dan berkualitas adalah pembelajaran yang menggunakan metode dengan tepat dan mampu berinteraksi disaat pembelajaran berlangsung. Salah satu pembelajaran dimaksud adalah pembelajaran dengan penerapan metode Ekspositiri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah metode Ekspositiri pada pembelajaran materi pokok garis dan sudut dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas IX-2 Semester-1 SMP Negeri 154 Jakarta Selatan tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa yang dijadikan sampel sebanyak 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap repleksi. Intrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk memperoleh gambaran langsung tentang aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode Ekspositiri dan prestasi belajar siswa Kelas IX-2 SMP Negeri 154 Jakarta Selatan materi garis dan sudut. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Ekspositiri pada pembelajaran materi pokok garis dan sudut untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas IX-2 Semester-1 SMP Negeri 154 Jakarta Selatan tahun pelajaran Ekspositiri. Hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan hasil evaluasi belajar siswa yang mana dari jumlah 34 siswa yang mendapat nilai > 65 sebanyak 20 siswa

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

profesi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan ...