Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan

UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PEMAHAMAN DASAR-DASAR BAHASA JERMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEMPOTO BAGI SISWA KELAS X-MIA-2 SMA NEGERI 51 JAKARTA TIMUR

Purba, Elly Tuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2021

Abstract

Mempoto adalah akronim dari memanfaatkan media potongan foto. Dalam hal ini peneliti akan mencoba menerapkannya dalam peningkatan pembelajaran Bahasa Jerman. Kenyataan di lapangan yang kita saksikan hingga saat ini jarang sekali guru yang mengajar Bahasa Jerman menggunakan alat peraga, dalam pembelajaran. Berbagai alasan selalu dikemukakan, misalnya tidak cukup waktu untuk membuat atau mengadakan alat peraga tersebut, tidak tersedia dana, dll. Ada pula yang mengemukakan alasan bahwa penggunaan alat peraga pembelajaran tidak cukup berarti dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa. Penelitian ini tidak bermaksud membuktikan secara empiris asumsi atau anggapan yang dikemukakan di atas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan menerapkan tindakan penggunaan alat peraga gambar /foto. Sedangkan rumusan hipotesis tindakannya adalah: Pembelajaran Bahasa Jerman menggunakan alat peraga gambar /foto dapat berfungsi sebagai sarana belajar yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan keberhasilan siswa. Tindakan dilakukan sebanyak 3 tahapan atau siklus, dengan refleksi motivasi dan hasil belajar masing-masing siklus menunjukkan adanya peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

profesi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan ...