Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Vol. 5 No. 1 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN MELALUI TEKNIK ARISAN SOAL BERANTAI BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI TEBET TIMUR

Durahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2021

Abstract

pelaksanaan penilitian dan pembahasan bahwa tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti dalam siklus I berupa penggunaan teknik arisan soal berantai yang mengarah ke pembelajaran secara kelompok dapat berhasil meningkatkan hasil belajar subjek penelitian. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil evaluasi pada nilai kondisi awal semula hanya rata-rata 5,7 (lima koma tujuh) meningkat menjadi rata-rata nilai 6,1 (enam koma satu) di akhir siklus I. Penggunaan efektif pada teknik arisan soal berantai secara individu pada siklus II mendorong dan memotivasi siswa untuk lebih banyak mengembangkan dan sangat membantu pemahaman terhadap kompetisi dasar dalam pembelajaran, sehingga hasil evaluasi meningkat yang semula pada siklus I nilai rata-rata 6,1 (enam koma satu) pada suklus II meningkat menjadi 8,1 (delapan koma satu). Data empirik pada penelitian ini menunjukan bahwa tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti mulai dari kondisi awal, siklus I maupun siklus II telah berhasil meningkatkan belajar IPA perkembangbiakan tumbuhan dan hewan bagi kelas VI SD Negeri Tebet Timur 03 pada semester-1 tahun pelajaran 2013-2014

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

profesi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan ...