Jurnal Agrisistem: Seri Sosek dan Penyuluhan
Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Agrisistem: Seri Sosek dan Penyuluhan

RESPON PETANI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBERIAN POC URINE SAPI PADA PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.)

Andi Muchtar Sudirman (Program Studi Penyuluhan Pertanian,Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)
Abdul Rahman Arinong (Jurusan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)
Ramli Ramli (Jurusan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon petani terhadap efektifitas pemberian POC urine sapi pada pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy. Penelitian dilaksanakan di lahan BPP Bulu Ballea, Desa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa pada bulan April sampai Juni 2019. Kajian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan 4 perlakuan, yaitu P0 : Tanpa Perlakuan POC urin sapi, P1 : Pemberian POC urin sapi dosis 100 ml per liter air ,P2 : Pemberian POC urin sapi dosis 200 ml per liter, P3 : Pemberian POC urin sapi dosis 300 ml per liter air, dan 3 kali ulangan sehingga terdapat 12 plot perlakuan. Parameter pengamatan meliputi tinggi tanaman, jumlah daun dan berat basah pakcoy. Pemberian POC urin sapi pada pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy dengan perlakuan P3 (POC urine sapi dosis 300 ml/liter air) memberikan hasil terbaik pada tinggi tanaman yaitu 21,19 cm dan berat basah yaitu 111,80 gram dan jumlah daun 11,00 helai.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

J-Agr-Sosekpenyuluhan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Agrisistem: Seri Sosek dan Penyuluhan merupakan jurnal yang memuat publikasi hasil-hasil penelitian di bidang pertanian dan peternakan yang meliputi topik: Sosial Ekonomi Penyuluhan ...