Syntax Idea
Vol 2 No 4 (2020): Syntax Idea

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku Di Kelas IV SD Negeri 1 Karanggintung

Masruri, Masruri (Unknown)
Eka, Karma Iswasta (Unknown)
Supriatna, Supriatna (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2020

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar dan kurangnya rasa sikap tanggung jawab peserta didik di kelas IV SD Negeri 1 Karanggintung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap tanggung jawab peserta didik menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan pembelajaran. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Karanggintung, dengan jumlah peserta didik 21, terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Teknik dan alat pengumpulan data yaitu tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan sikap tanggung jawab peserta didik. Peningkatan prestasi belajar peserta didik dibuktikan adanya perolehan nilai rata-rata pada mata pelajaran IPA siklus I mendapat 76,6 dengan persentase ketuntasan belajar 65%, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia mendapat 71,4 dengan persentase ketuntasan belajar 62%. Selanjutnya peningkatan pada sikap tanggung jawab peserta didik dibuktikan pada lembar observasi sikap tanggung jawab peserta didik dengan persentase ketuntasan 68% dan angket mendapatkan persentase ketuntasan 81%. Hasil penelitian pada siklus II peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA mendapatkan nilai rata-rata 86,4 dengan persentase ketuntasan belajar 85%, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia mendapat 84,6 dengan persentase ketuntasan belajar 90%. Selanjutnya peningkatan sikap tanggung jawab mendapat persentase ketuntasan 90% dan angket mendapat persentase ketuntasan sebesar 82%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap tanggung jawab peserta didik di kelas IV SD Negeri 1 Karanggintung.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

syntax-idea

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Agriculture, Biological Sciences & Forestry Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT

Description

Syntax Idea. Jurnal Ilmiah Indonesia adalah jurnal yang diterbitkan oleh Ridwan Institute. Syntax Idea akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu umum. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan ...