MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MATERI BILANGAN PECAHAN PADA SISWA SMP NEGERI 14 BANDA ACEH

Roslina, Roslina (Unknown)
Sulastri, Rini (Unknown)
Milasari, Milasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

Salah satu meningkatkan prestasi belajar siswa adalah melalui pembelajaran Team Quiz. Team Quiz merupakan salah satu tipe model pembelajaran active learning. Dengan pendekatan atau pembelajaran Team Quizini siswa diharapkan aktif belajar, siswa mampu mampu bertanya maupun menjawab dan meningkatkan kemampuan tanggung jawab siswa terhadap apa yang mereka pelajari dengan cara menyenangkan dan tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran team quizpada materi bilangan pecahan siswa SMP Negeri 14 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian ini adalah 16 orang siswa, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Pengolahan data menggunakan rumus uji-t. hasil penelitian dengan taraf signifikan   =0,05 dan derajat kebebasan dk= 15 menunjukkan uji t=table yaitu t=1,7. Oleh karena itu, t hit> t tab  atau 4,14 > 1,17 maka hipotesis  Ho ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa SMP Negeri 14 Banda Aceh dengan menggunakan model team quiz sudah mencapai taraf berhasil.Kata kunci : Model Kooperatif, Team Quiz, Bilangan Pecahan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...