EDUCASIA : Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
Educasia, 3(1), 2018

Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Berbasis Achievement Grouping (CLAG)

Saugi, Wildan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan model Cooperative Learning Berbasis Achievement Grouping (CLAG) yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Permasalahan penelitian ini adalah keaktifan siswa yang tinggi akademiknya menutupi keaktifan siswa yang kurang secara akademik dan hasil belajar siswa yang rendah yakni hanya 24% nilai ketuntasan ujian nasional mata pelajaran matematika. Pembelajaran model CLAG diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran secara maksimal berdasarkan kemampuannya masing-masing. Ali Imran (1995) dalam Rahayu (2011) menjelaskan bahwa grouping adalah pengelompokkan peserta didik berdasarkan karakteristik-karakteristiknya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang berlangsung selama tiga siklus dengan subjek penelitian sejumlah 29 siswa VI SD Islam Terpadu As-Salaam Fakfak. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model CLAG mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa dengan peningkatan keaktifan siswa sebesar 78% dan hasil belajar siswa sebesar 75%. Langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah sebagai berikut: (1) Pembelajaran model CLAG harus dipahami jelas oleh siswa secara lisan maupun tertulis; (2) Klasifikasi kelompok berdasarkan kemampuan siswa dan pertukaran anggota kelompok; (3) Pendampingan siswa yang kesulitan belajar secara tuntas; (4) Penyederhanaan makna latihan soal; (5) Analisis butir soal tryout.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

educasia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

EDUCASIA, e-ISSN 2527-5011 dan p-ISSN: 2502-9150 adalah Jurnal yang menerbitkan tulisan baik artikel hasil penelitian maupun artikel kajian kepustakaan bidang Pendidikan, Pengajaran, dan ...