Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian adaptasi dari gabungan Sanford dan Kemmis. Tujuan penelitian pembelajaran dengan metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik dalam aspek pengetahuan dan keterampilan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah kelas X MM 01 sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Data berupa hasil belajar dalam bentuk penilaian aspek keterampilan dan pengetahuan dengan menggunakan instrumen yang sesuai. Hasil tes pada siklus I berdasarkan data perolehan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 63,89% dengan rata-rata hasil perolehan nilai 66,67. Prosentase ketuntasan tersebut masih di bawah standar ketuntasan minimun secara klasikal. Penilaian keterampilan mencapai prosentase 66,67% dengan nilai rata-rata keterampilan sebesar 66,44. Hasil tes pada siklus II berdasarkan data perolehan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 83,33% dengan rata-rata hasil perolehan nilai 75,37. Penilaian keterampilan mencapai prosentase 80,56% dengan nilai rata-rata keterampilan sebesar 75,23. Berdasarkan perolehan prosentase nilai hasil belajar dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,70% untuk nilai pengetahuan dan keterampilan siswa meningkat sebesar 8,83 % sehingga pembelajaran dengan metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2020