JIPB (Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi)
Vol 1, No 2 (2020)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN KUESIONER UNTUK MENGAKSES RESPONS MAHASISWA TENTANG MONOGRAFI SISTEMATIKA TUMBUHAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Wisanti, Wisanti (Unknown)
Zubaidah, Siti (Unknown)
Lestari, Sri Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Salah satu bentuk instrumen penelitian yang umumnya digunakan dalam penelitian survei adalah kuesioner. Kuesioner yang baru disusun harus melalui pengembangan untuk menentukan validitas dan reliabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuesioner yang layak digunakan untuk mengumpulkan data berupa respons mahasiswa tentang monografi dan pemanfaatannya sebagai sumber belajar. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif  dengan 5 tahap utama yaitu perumusan latar belakang, konseptualisasi, format dan analisis, penentuan validitas dan  penentuan reliabilitas. Validitas ditentukan berdasarkan validitas konten yang diperoleh dari penilaian pakar, serta uji korelasi Pearson dengan data yang diperoleh dari 84 responden, sedangkan reliabilitas ditentukan berdasarkan skor alfa Cronbach. Kuesioner yang dikembangkan bersifat tertutup, yang terbagi menjadi empat aspek yaitu konten monografi, organisasi penulisan monografi, karakteristik monografi dan monografi sebagai sumber belajar. Format pengukuran menggunakan skala Likert, 1- 4, 1 (tidak setuju), 2 (kurang setuju), 3 (setuju), dan 4 (sangat setuju). Hasil uji korelasi Pearson mengindikasikan bahwa semua butir pernyataan valid, dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01), sedangkan reliabilitas termasuk excellent dengan koefisien alfa Cronbach sebesar 0,962. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, 21 pernyataan dinyatakan valid dan sangat reliabel, dengan rincian 3 untuk aspek konten, 7 untuk aspek organisasi penulisan, 4 untuk aspek karakteristik dan 7 untuk aspek sumber belajar. Penelitian ini telah menghasilkan kuesioner dengan kategori layak sebagai instrumen penelitian untuk mengakses respons mahasiswa tentang monografi dan pemanfaatannya sebagai sumber belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. Jurnal pendidikan biologi memuat artikel ilmiah dengan topik: 1. Inovasi pembelajaran Biologi 2. Pengembangan Perangkat Pembelajaran ...