Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak
Vol 2, No 1 (2020): Maret

Game Edukasi “Foodin” sebagai Media Pengenalan Makanan Sehat dan Makanan tidak Sehat Berbasis Android

Fatchul Mubin (Universitas Wahid Hasyim)
Nugroho Eko Budiyanto (Universitas Wahid Hasyim)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Anak-anak usia sekolah di Indonesia saat ini masih banyak yang mengalami masalah gizi, baik kekurangan maupun kelebihan gizi. Adanya masalah gizi pada anak sekolah disebabkan secara langsung dan tidak langsung. Meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai makanan sehat dan makanan tidak sehat sejak dini dimulai dari anak-anak. Berdasarkan kasus tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan membuat aplikasi game edukasi sebagai media pengenalan makanan sehat dan makanan tidak sehat berbasis android. Dalam pembuatan aplikasi game tersebut penulis menggunakan metode Multimedia sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Metode tersebut meliputi tahap Konsep, Desain, Pengumpulan Bahan, Pembuatan Sistem, Pengujian, dan Distribusi. Aplikasi ini berjalan pada smartphone. Pembangunan aplikasi game menggunakan Construct 2, kemudian untuk pembuatan desain karakter dan desain tampilan pada game menggunakan software CorelDraw X7, sedangkan pemodelan aplikasi game ini menggunakan metode UML berupa use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan flowchart. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi android yang diberi nama aplikasi “FOODIN”. Aplikasi tersebut kemudian diuji dengan metode pengujian black box, mobile device, dan pengujian pengguna.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JINRPL

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Informatics and Software Engineering accepts scientific articles in the focus of Informatics. The scope can be: Software Engineering, Information Systems, Artificial Intelligence, Computer Based Learning, Computer Networking and Data Communication, and ...