Penelitian ini dilakukan pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Metro Kota Metro pada bagianpengajuan klaim. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, bahwa proses pengajuan klaim masihmenggunakan pencatatan ke dalam buku besar yang masih menggunakan Microsoft Excel.Kelemahannya adalah pencarian data nasabah di buku besar membutuhkan waktu yang cukup lama,menyulitkan dan memperlambat staff klaim dalam proses pengajuan klaim dan sistemkomputerisasi belum menggunakan database, sehingga menghambat kinerja perusahaan. Metodepenelitian yang digunakan terdiri dari dua, yaitu metode jenis penelitian (Applied Research) denganteknik pengumpulan data pengamatan (observasi), wawancara (interview), dokumentasi(documentation) dan studi kepustakaan (library research). Aplikasi dirancang menggunakanMetode pengembangan aplikasi menggunakan SDLC (System Development Life Cycle) dan teknikpengujian aplikasi menggunakan teknik Black Box Testing. Bahasa pemrograman yang digunakanadalah Borland Delphi 7, database MySQL dan report menggunakan Quickreport. Alatpengembangan sistem yang digunakan antara lain flowchart, diagram konteks, Data Flow Diagram,Entity Relationship Diagram. Hasil penelitian dihasilkannya aplikasi pengajuan klaim yangmemiliki kelebihan untuk mempermudah membuat rekapitulasi pengajuan klaim setiap bulansehingga pembuatan laporan menjadi lebih cepat serta tersedianya fitur pencarian yang terdapatpada setiap menu, yang mempermudah dalam mencari data, baik data staff klaim, data nasabah,data pengajuan klaim maupun data berkas pengajuan klaim.
Copyrights © 2019