E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 9, No 1 (2018): E-DIMAS

Sosialisasi dan Workshop Pemanfaatan Quipper School untuk Optimalisasi Jam Pembelajaran di MAN 1 Ponorogo

Indah Puji Astuti (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Dwiyono Ariyadi (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Ghulam Asrofi Buntoro (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2018

Abstract

MAN 1 Ponorogo merupakan salah satu sekolah madrasah aliyah di kabupaten Ponorogo yang memiliki ekstra kegiatan berbasis komputer. Hal ini berdampak bertambahnya jam pelajaran. Untuk mengoptimalkan intensitas jam pelajaran diharapkan guru bisa menggunakan media pembelajaran yang sekarang tersedia secara online, salah satu contohnya adalah media ajar e-learning. E-learning adalah salah satu wujud peran dunia IT dalam bidang pendidikan. Konsep e-learning yaitu pembelajaran yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) untuk mentransformasikan proses pembelajaran antara pengajar dan peserta didik dengan bantuan media internet, sehingga dapat diakses dimana saja diluar jam sekolah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan penggunaan media belajar e-learning Quipper School pada guru dan siswa di MAN 1 Ponorogo. Jumlah keseluruhan peserta adalah 41, terdiri dari 17 guru dan 24 siswa. Dari kuesioner yang disebarkan ke peserta, yang menyatakan bahwa media e-learning quipper school menyediakan isi yang sangat sesuai dengan kebutuhan sebanyak 40 orang dari jumlah total 41 peserta. Dengan demikian 0.97% peserta setuju dengan penggunaan quipper school untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...