Jurnal Pendidikan
Vol 20 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan

Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 alangka Raya

Syahrianah Syahran (Unknown)
Anisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kesalahankesalahanyangdilakukansiswadalammenyelesaikansoaltrigonometri dikelas XI MIA SMA Negeri 3 Palangka Raya, 2) mendeskripsikan faktorfaktoryangmenyebabkansiswamelakukankesalahandalammenyelesaikan soaltrigonometridikelasXIMIASMANegeri3PalangkaRaya. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 PalangkaRaya pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yangdigunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3Palangka Raya sebanyak 24 siswa dan dipilih 5 wakil subjek penelitianuntuk diwawancarai lebih lanjut. Instrumen tes dalam penelitian inisebelum digunakan divalidasi oleh tiga orang penelaah dan ditetapkan 4butir soal yang telah valid dan dapat digunakan. Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah tes dan wawancara. Tahap analisis data yangdilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soalpersamaan trigonometri adalah: 1) kesalahan memahami fakta, yaitukesalahan yang dilakukan siswa dalam menuliskan simbol-simbol padatrigonometri, disebabkan oleh faktor kemampuan mengingat masih rendah.2) kesalahan memahami konsep yaitu kesalahan yang dilakukan siswadalam menentukan rumus-rumus untuk menyelesaikan soal, disebabkanoleh faktor kurangnya pengetahuan yang dimiliki yang pernah diterimasebelumnya. 3) kesalahan memahami operasi yaitu kesalahan yangdilakukan siswa pada operasi-operasi perhitungan, disebabkan oleh faktorsiswa tidak teliti dan kurang terampil dalam melakukan dasar-dasarperhitungan. 4) kesalahan memahami prinsip yaitu kesalahan yangdilakukan siswa dalam menerapkan rumus atau melakukan langkahlangkah penyelesaian persamaan trigonometri, disebabkan oleh faktorkurangnya kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan danmenggunakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan sejak bulan Juni 2000 dengan ISSN 1411-481X oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya (UPR). Jurnal Pendidikan diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal Pendidikan berisi artikel-artikel hasil ...