Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 4, No 1 (2018): January 2018

Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bola Voli Mini

Patamani, Helmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli mini melalui tutor sebaya siswa kelas V SDN 07 Marisa Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 07 Marisa tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini adalah data primer meliputi data hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan tutor sebaya selama pembelajaran. Data sekunder meliputi data hasil belajar passing atas siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes praktik, dan pengamatan. Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 12 siswa (40%) tuntas belajar dan 18 siswa (60%) belum tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 72,22% yaitu 22 siswa telah tuntas belajar dan 8 siswa (27,78%) belum tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 90% yaitu 27 siswa telah tuntas belajar dan 3 siswa (10%) belum tuntas belajar. Hal ini berarti hasil belajar siswa kelas V SDN 07 Marisa pada pembelajaran passing atas dapat meningkat melalui metode tutor sebaya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...