AbstrakEra digital saat ini memiliki pengaruh yang besar di berbagai aspek, termasukdalam komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran di era digital tentunyamemiliki strategi yang lebih memfokuskan pada pesan pemasaran. Pesan memilikiperan yang penting dalam mempengaruhi konsumen untuk dapat berinterkasidengan produk. Permasalahannya mayoritas pelaku UMKM belum menyadaripentingnya membangun strategi pesan pemasaran, terutama di era digital.Banyaknya masalah yang harus dihadapi oleh pelaku UMKM, membautpermasalahan dalam mengasah kemapuan menyusun pesan pemasaran semakinterpinggirkan. Pelaku UMKMM mayoritas menekankan permasalahan padapermodalan dan pemasaran, tanpa membangun strateginya. Penelitian inibertujuan untuk mengungkapkan bagaimana perumusan pesan pemasaran, strukturpesan pemasaran dan penyesuaian pesan pemasaran dengan media dan sasaranpenerimanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodestudi kasus. Studi ini berfokus pada meneliti dan menggali fenomena unik dalamkonteks kehidupan nyata, bilamana batas-batas antara fenomena dan konteks taktampak dengan tegas, dan dimana multi sumber bukti dimanfaatkan. Paradigmayang digunakan adalah konstruktivis ditunjang dengan teori logika pesan. Hasilpenelitian ini adalah terdapat komponen ide, proses dan bentuk pesan yang efektifdalam perumusan pesan pemasaran. Struktur pesan yang terdapat dalam pesanpemasaran Brodo terdiri dari captions, format pesan, dan sifat pesan.Kata Kunci : Pesan Pemasaran, Strategi, Digital Marketing
Copyrights © 2019