Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas IV SDN Tangerang 5.pdf

Sumiyani, Sumiyani (Unknown)
Magdalena, Ina (Unknown)
Rosnaningsih, Asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi bahwa adakah perbedaan yang signifikan pada siswa. Keterampiln membaca intensif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia antara siswa yang diberi pengajaran model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan siswa yang diberi pengajaran metode konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi-eksperimental. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas V SDN Tangerang 5. Terdiri dari 36 siswa, kelas IV A sebanyak 18 anak termask dalam kelas eksperimen dan kelas IV B dengan 18 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan pada posttest thitung =-2,538 lebih besar dari ttabel = -2,04 (dua arah) untuk db = 34 pada α = 5%. karena Thitung> Ttabel maka H0 ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Bisa diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan membaca intensif siswa kelas V SDN Tangerang 5 Kata kunci : Keterampilan Membaca Intensif, Model pembelajaran, CIR

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Pandemi Covid-19 ini menyebabkan terjadinya pencurian di berbagai daerah di Indonesia. Banyak pencuri melakukan tindakan mencuri karena kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat aparat harus memberikan sanksi kepada pencuri. Permasalahan dalam ...