Medical Journal of Al-Qodiri : Jurnal Keperawatan dan Kebidanan
Vol 4 No 1 (2019): Edisi Februari

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DHF TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN DHF PADA SANTRI PONDOK PUTRI WILAYAH MILAQ AL-QODIRI JEMBER.

Eka suryaningtyas (STIKES Bhakti Al-Qodiri)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2019

Abstract

Pendidikan kesehatan adalah suatu proses perubahan pada diri manusia yang ada hubungannya dengan tercapainya tujuan kesehatan perorangan dan masyarakat. Pendidikan kesehatan bukanlah sesuatu yang dapat diberikan oleh seseorang kepada orang lain dan bukan pula sesuatu rangkaian tata laksana yang akan dilaksana ataupun hasil yang akan dicapai, melainkan suatu proses perkembangan yang selalu beubah secara dinamis dimana seseorang dapat menerima atau menolak keterangan baru yang ada hubungannya dengan tujuan hidup sehat (Nyswander,1947 dalam Azwar 1983). Metode penelitian ini menggunakan desain Pre Experimen dengan One Group Pra-test-Post-Test Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 58 siswa yang memenuhi kriteria. Instrumen penelitian ini mengguanakan kuisioner. Hasil penelitian dengan uji Wilcoxon (α=0,05) menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang dhf terhadap pengetahuan pencegahan dhf. Hasil analisa univariat sebelum dilakukan pendidikan kesehatan yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 4 (6,9%) dan setelah dilakukan pendidikan kesehatan diketahui siswa yang memiiki pengetahuan baik untuk pencegahan dhf sebanyak 39 (67,2%). Dengan uji Wilcoxon di dapat P value 0,000 Kesimpulan penelitian ini bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang dhf terhadap pengetahuan pencegahan dhf.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Jurnal_STIKESAlQodiri

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Medical Journal Of Al-Qodiri adalah jurnal yang di kelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan diterbitkan oleh STIKES Bhakti Al-Qodiri. Jurnal ini memuat tulisan bersifat ilmiah dalam bentuk hasil penelitian maupun pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh dosen yang ...