Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis
Vol. 1 No. 1 (2018): Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis

SISTEM PEMINJAMAN RUANGAN ONLINE (SPRO) DENGAN METODE UML (UNFIELD MODELING LANGUAGE)

Anak Agung Raka P.W.A, Muhammad Huzaimi Maulana, Cindya Dewi Andini, Faridatun Nadziroh (Program Studi Otomasi Perkantoran, Akademi Komunitas Semen Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2018

Abstract

Proses peminjaman ruangan dilakukan secara manual, yaitu Akademi Komunitas Semen Indonesia yang meminta langsung ke SARPRAS atau dosen ketika ingin meminjam ruangan. Proses ini merugikan karena tidak efisien dan efektif dalam meminjam ruang sehingga memerlukan Sistem Pinjaman Ruang Online (SPRO). Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode Waterfall dan metode UML (Unfield Modeling Language) untuk perancangan sistem, metode pengambilan data dengan wawancara, observasi, sedangkan metode pengujian sistem menggunakan metode Black Box. Hasil dari penelitian ini membuat perangkat lunak sistem pinjaman ruangan berbasis web di Akademi Komunitas Semen Indonesia online yang dapat memudahkan pengguna / pengguna dalam meminjam ruang berdasarkan hasil perbandingan sistem lama yang tidak efektif dan efisien sedangkan sistem baru lebih fleksibel dan akurat. Dari hasil kuesioner yang kami distribusikan kepada beberapa responden, hasil yang diperoleh adalah 82% baik dan 18% sangat bagus untuk 4 kategori yang dipertimbangkan, termasuk sistem tampilan web, operasi sistem peminjaman, fitur sistem kredit dan persyaratan sistem. Kami berharap di masa depan sistem pinjaman ini dapat bermanfaat bagi Akademi Komunitas Semen Indonesia.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jttb

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The Journal of Technology and Applied Business (JTTB) is published by Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM), Akademi Komunitas Semen Indonesia (AKSI) Gresik published twice a year on every March and October. The submission process is open throughout the year. All submitted texts will be ...