JURNAL STUDIA KOMUNIKA
Vol 3 No 2 (2020): Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi

Pengembangan Model Literasi melalui Dongeng dalam Memotivasi Membaca dan Menulis Berbasis Bahasa Indonesia: English

Yang Gusti (STISIPOL Pahlawan 12)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Dalam observasi dan pengamatan di SDN 20 Matras Sungailiat, penulis mendapati masih banyak siswa—khususnya kelas V—memiliki kemampuan literasi yang minim dan rendah dalam minat membaca. Padahal, sarana perpustakaan sekolah sangat mendukung kegiatan literasi. Ketersediaan dan ragam buku bacaan yang ada di perpustakaan terbilang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan literasi membaca, menulis dan memahami isi materi dengan metode bercerita. Dalam kegiatan penelitian ini, metode bercerita memberikan pengembangan baru dan mempermudah anak untuk memahami isi materi dan perbendaharaan kosakata siswa SDN 20 Matras. Subjek penelitian ini adalah murid-murid kelas V SDN 20 Matras yang berjumlah sebanyak 36 anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, hasil pengamatan, wawancara, dan dokumen catatan lapangan. Berdasarkan temuan penelitian, dapat dinyatakan bahwa minat membaca siswa SDN 20 Matras sangat rendah, dan pengenalan literasi belumlah maksimal. Peran guru serta upaya untuk mengembangkan model bercerita belum diterapkan di sekolah tersebut. Penelitian ini menjadi alternatif solusi untuk mengembangkan model bercerita kepada siswa SDN 20 Matras agar mereka termotivasi untuk membiasakan budaya membaca dan menulis sehingga kegiatan literasi dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah dan kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jik

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi is a peer-review journal published by Department of Communication STISIPOL Pahlawan 12, Bangka Belitung. We welcome all contributions on the following topics: Media studies, Mass communication and journalism, Strategic communication, and New ...