Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi
Vol 6 No 2 (2020): Juli-Desember

Pengembangan Modul Berbasis STEM untuk Siswa SMP

Fanni Zulaiha (Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)
Dewi Kusuma (Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2020

Abstract

Pentingnya siswa memiliki keterampilan abad 21 dan menguasai dasar-dasar sains, rekayasa, teknologi, dan matematika dapat dibelajarkan melalui pendidikan STEM. Permasalahan terkait waktu pembelajaran yang terbatas untuk mata pelajaran Sains di sekolah dapat diselesaikan salah satunya dengan penggunaan modul.Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul berbasis STEM yang layak untuk siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian ini mengadapatasi model pengembangan 4D menurut Thiaragaraja. Teknik sampling yang digunakan untuk one to one evaluation dan small group evaluation adalah teknik sampling purposive. Jumlah siswa untuk one to one evaluation berjumlah 10 orang dan untuk small group evaluation berjumlah 66 orang. Modul berbasis STEM untuk siswa SMP divalidasi oleh ahli konten, dan ahli bahasa. Ahli konten mengukur kebenaran dan kejelasan isi materi serta desain modulnya. Hasil dari validasi konten diperoleh nilai 0,93 dengan kategori sangat tinggi. Adapun ahli bahasa mengukur aspek kejelasan informasi, kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia dan penggunaan bahasa secara efektif dan efisien. Hasil dari validasi bahasa diperoleh nilai 1,00 dengan kategori sangat tinggi. Pengukuran kevalidan modul ini juga diukur menggunakan instrumen kuesioner keterbacaan dan kepraktisan yang diberikan kepada siswa. Analisis dari hasil kuesioner keterbacaan oleh siswa diperoleh nilai 87% dengan kategori sangat kuat, dan kuesioner kepraktisan diperoleh nilai 80% dengan kategori kuat. Berdasarkan data tersebut modul berbasis STEM untuk siswa SMP dinyatakan layak digunakan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang fisika dan pembelajarannya, termasuk teknologi terapan dan teknologi pembelajaran yang sesuai. Terbit perdana pada tahun 2015 dan mulai tahun 2017 JPFT terbit 2 kali dalam ...