JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa
Volume 4 Nomor 2 Agustus 2020

Implementasi Konseling Eksistensial Teknik Logoterapi untuk Meningkatkan Konsep Diri Akademis Mahasiswa

Ahmad Yusuf (STKIP Andi Matappa)
Rahmatia Rahmatia (STKIP Andi Matappa)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan konseling eksistensial dengan teknik logoterapi terhadap konsep diri akademis mahasiswa STKIP Andi Matappa, (2) Untuk mengetahui gambaran konsep diri akademis mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan konseling eksitensial dengan logoterapi di STKIP Andi Matappa, (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan konseling eksitensial terhadap konsep diri akademis mahasiswa STKIP Andi Matappa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian eksperimen Pre-Experimental Design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi bimbingan dan konseling tahun akademik 2019/2020 teknik Purposive Sampling sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa (1) Pelaksanaan konseling pendekatan ekistensial dengan logoterapi terhadap konsep diri akademis mahasiswa dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui 4 kali perlakuan, (2) Konsep diri akademis mahasiswa sebelum penerapan pendekatan konseling eksitensial dengan logoterapi berada pada kategori rendah, namun setelah penerapan pendekatan konseling eksitensial dengan logoterapi, konsep diri akademis berada pada sangat tinggi, (3) Pelaksanaan konseling pendekatan ekistensial dengan logoterapi dapat meningkatkan konsep diri akademis mahasiswa. Artinya konseling  ekistensial dengan logoterapi memiliki pengaruh  terhadap peningkatan konsep diri akademis mahasiswa program studi bimbingan dan konseling tahun akademik 2019/2020 STKIP Andi Matappa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurkam

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is published 2 (two) times a year in February and August with peer-reviewed and open access process. Has p-ISSN: 2549-1857 and e-ISSN: 2549-4279, , published by Study Program Guidance and Counseling STKIP Andi Mattappa Pangkep. JURKAM publishes writings / ...